10 Oktober 2014

Barakamon: Kehidupan desa sang kaligrafer



Story:
Kisah seorang Kaligrafer yang kehilangan inspirasi setelah memukul kaligrafer senior, dan dia harus tinggal di sebuah desa di pulau terpencil.



A Piece of Memory:
Awalnya saya kira ini kisah seorang lolikon dilihat dari posternya Handa, dengan Naru. Setelah saya baca beberapa review (dengan melewati bagian cerita), beberapa mengklaim bahwa anime ini merupakan salah satu anime slice of life paling kalem dan lucu untuk tahun ini. Saya mencoba menontonnya, dan  menarik.  Hubungan Handa dengan Naru bisa dibilang antara anak desa (Naru) yang suka main (ganggu) tetangganya yang sebenarnya butuh liburan (Handa)

Good things of the serial
  • Komedi yang natural, walau cenderung ke slapstick.
  • Memaparkan kehidupan masyarakat desa Jepang yang masih menjaga tradisi, dan penuh rasa kebersamaan serta bergotong royong di era modern Jepang.
  • Mengekspos pemandangan daerah kepulauan yang sebenarnya biasa saja tapi terlihat indah
  • Anak-anak desa yang lugu, polos dan masih suka maen di luar atau tetangga

Bad things of the Serial
  • Terlalu mengekspos kebodohan orang kota, dalam hal ini Handa si Kaligrafer saat harus hidup dan beradaptasi di kehidupan desa... walau pun kenyataannya memang begitu.
  • Tokoh utama yang galau, dan frustasi
  • Saya tidak mengerti indahnya seni kaligrafi

Kehidupan desa versus Frustasi

 Ditengah Rasa frustasi akan pekerjaan, dan kepenatan kota, anime ini malah membuat saya ingin tinggal di desa dengan tetap melakukan pekerjaan (dan penghasilan) yang sama seperti saat di kota. Kehidupan masyarakat desa yang dipaparkan di Anime ini hampir sama persis seperti yang ada di Indonesia seperti Masih kental rasa kebersamaan dan gotong royong, anak-anak yang suka bermain di luar rumah atau (mengganggu) tetangga, acara-acara khas desa ditambah dengan pemandangan alam yang alami, dan menyejukan mata. walaupun desa yang dipaparkan di anime ini sudah ada sinyal HP, dan Internet, tetapi suasana yang alami itu membuat saya merasa bisa refreshing sewaktu-waktu dengan sedikit jalan-jalan. Selain lucu, Anime ini benar-benar kalem.

Worthed to watch

Barakamon adalah salah satu anime paling kalem yang saya tonton tahun ini. Kelucuan yang ditampilkan juga lebih natural ditengah kehidupan desa yang penuh rasa kebersamaan. Walaupun lebih mengekspos kebodohan orang kota yang frustasi dan harus tinggal dan beradaptasi dengan kehidupan desa. Pemandangan alam yang ditampilkan sebenarnya biasa saja tetapi terkesan indah. Saya memberi 80% worthed to watch


Tidak ada komentar:

Posting Komentar