04 Oktober 2014

Kamen Rider Gaim: SWEET TRICK



STORY
Kisah Kamen rider buah-buahan menghadapi Invess

A PIECE OF MEMORY
Saat Kamen Rider Gaim mulai disiarkan, entah kenapa semangat menonton Tokusatsu memudar, dan mulai lari ke anime yang memiliki lebih banyak variasi dalam penceritaan. Saat teman-teman fans Toku mengatakan kalau Kamen Rider ini "beda", saya tetep kekeuh tidak akan menonton Gaim hingga episode terakhir disiarkan. Sehari setelah episode terakhir disiarkan, saya bersiap menonton Kamen Rider ini dan menanti apa yang "beda"


GOOD THINGS OF THE SERIAL
  • Plot yang penuh twist, dan kejutan baru tiap episode: Setelah Kamen Rider Den-O, pangsa Kamen Rider kembali untuk anak-anak, dan penceritaan dan twist pun agak diperingan, dan dikurangi. Walaupun tetap bagus, menarik, dan unik akan tetapi lama-lama agak bosan juga dengan cerita yang "lurus-lurus saja", dan hanya sesekali "belok", sehingga di beberapa plot cukup mudah ditebak. kamen Rider Gaim benar-benar berbeda dalam meramu plot, saya dibuat penasaran dengan plot twist, dan kejutan yang menanti di setiap episode.
  • Design Kostum dengan Konsep Buah-buahan: Jangan salah, walaupun temanya buah-buahan, tetapi design kostum Kamen Rider Gaim adalah jubah-jubah Ksatria jaman Sengoku (Samurai) , abad pertengahan, Jaman 3 kerajaan dan jaman Romawi. Tetap terkesan sangar.
Design Seperti Jubah Samurai
  •  
    Design bagian kepala seperti Sparta
  • Personal Favorite: Yoko Minato (another mbak2 galak)

BAD THINGS OF THE SERIAL
  • Animasi 3D: Animasi 3D dalam serial ini masih kurang meskipun tetap lebih baik daripada yang ada di layar TV Lokal
  • Penyakit lama serial Kamen Rider era baru yaitu memakai aktor yang mirip anggota boyband yang imut, dan aktris mirip grup idol yang diekspose kecantikannya. Sebenarnya bukan masalah besar, apalagi dibalik keimutan wajah salah-satu karakter laki-laki, yang ternyata menyimpan kejutan. Akan tetapi, jujur saya menanti Kamen Rider dimana pemerannya benar-benar terlihat jantan seperti era Kamen rider Kabuto dan era Kamen Rider sebelumnya.
wajah boyband but...

SWEET TRICK
 Saya bukan orang yang mudah terjebak dengan lingkaran setan Tokusatsu, hanya saja saya telah menemukan titik jenuh menonton tokusatsu yaitu, kompleksitas plot yang kurang di era Kamen Rider setelah Den-O. hal ini sebenarnya dapat dipahami karena Kamen Rider kembali mengincar pangsa anak-anak sehingga kompleksitas cerita diperingan, dan dikurangi. Sebenar cerita yang ditawarkan oleh era sesudah Den-O tetap menarik dan unik, akan tapi lama-lama terlihat memiliki pola sebagai berikut:
  • Monster menyerang
  • Hero utama pertama kali Henshin
  • Monster sehari-hari
  • Hero tambahan keluar
  • Masalah utama mulai tampak
  • Puncak masalah... Hero super depresi
  • Hero menemukan harapan
  • Penyelesaian masalah
  • Epilog
Saat Kamen Rider Gaim mau tayang, saya tidak mempermasalahkan design berkonsep buah-buahan, karena saya tahu konsep dasarnya tetep jubah tentara jaman dahulu. Yang membuat saya menunda menonton Gaim adalah kekhawatiran akan pola plot yang sama hanya diperbaharui dengan tema yang beda. Saya mengalihkan waktu setahun untuk menonton film hollywood, dan Anime yang memiliki variasi cerita yang lebih banyak. Setelah itu saya mulai menonton Gaim karena penasaran dengan plot yang "kata" temen2 Tokufans "beda". Dan setelah menonton 47 Episode dalam Seminggu, saya bisa dibilang kalau TERTIPU. Dibalik bentuk kostum yang "manis", kompleksitas plot yang penuh dengan twist, dan kejutan membuat saya penasaran hingga saya merapel hingga 8 episode dalam satu hari. Plot ini juga membuat Kamen rider Gaim memiliki cerita paling Dark dalam kurun 6 tahun ini. Ini adalah Plot Kamen Rider yang saya cari-cari selama ini, yang selama ini hanya saya temukan di Kamen Rider Kuuga hingga Kamen rider Kabuto (dengan melewati Hibiki). Plot yang bisa dinikmati oleh penggemar toku yang lebih tua

Worthed to Watch?
Dibalik "kemanisan" kostum, dan para pemerannya, Kamen rider Gaim memiliki plot yang kompleks, dan plot twist yang membuat penasaran hingga selesai. Ini adalah salah satu plot yang saya inginkan di serial Kamen Rider yang dapat dinikmati oleh usia yang lebih tua. Akan tetapi, ada kelemahan dari segi animasi 3 D membuat Serial ini 90% WORTHED TO WATCH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar