22 Maret 2015

Astro Fighter Sunred: Opening berbeda dengan konten

Sering kali manusia hanya melihat orang lain dari kulit luarnya saja, dan sering menggeneralisasi kesalahan individual sebagai kesalahan 1 golongan yang memiliki kesamaan baik fisik maupun visi dan misi. Astro Fighter Sunred (Tentai Senshi Sunred) adalah anime singkat yang akan membuat kita berpikir 2 kali tentang generalisasi "Pahlawan Super" dengan aksi heroiknya, dengan "Organisasi kejahatan" dengan aksi berusaha menguasai dunia.

Opening yang sangat heroik.
Saat pertama menonton Astro Fighter Sunred (selanjutnya disingkat Sunred), penonton akan disambut Opening yang berisi aksi Sunred, seorang super hero bertopeng menghajar para monster organisasi kejahatan yang disebut Florsheim demi menjaga keadilan dan kebenaran. Didukung oleh Soundtrack yang memuja-muja Sunred. Bagi penggemar Power Ranger, Super Sentai atau, Tokusatsu secara umum pasti sangat familiar dengan opening seperti ini, dan menebak Anime ini hanyalah tokusatsu yang dianimasikan.


Selamat, anda salah besar!!!

Saat menonton beberapa episode (1 episode sekitar 12-15 menit), anda akan mendapati Sunred, sang super hero yang tidak pernah melepaskan topengnya ini ternyata dalam kehidupan sehari-hari adalah pengangguran yang malas, suka ke Pachinko, tukang bully, dan  hidupnya menumpang di apartemen pacarnya bernama Kayoko.

Sebaliknya, para monster Florsheim yang berperan antagonis saat menantang Sunred ternyata dalam kehidupan sehari-hari berkebalikan 180 derajat, terutama pemimpinnya General Vamp. General Vamp adalah orang yang sopan, peduli pada anak buahnya, hidup bermasyarakat, jago memasak, jago mengurus rumah, bahkan terlalu baik hati bagi pemimpin organisasi kejahatan yang bertujuan menguasai dunia. Bahkan General Vamp adalah sahabat Kayoko yang selalu meminta saran soal masalah rumah tangga. Para monster lainnya pun hidup normal seperti anggota masyarakat lainnya yang walaupun berpenampilan menyeramkan, tetapi, tetap santun, dan menghormati orang lain.
Tradisi monster Florsheim: Makan malam bersama

Selama 2 season (52 episode), akan disajikan kehidupan sehari-hari dibalut komedi yang dialami sang pahlawan super, dan para monster yang pada suatu titik, membuat saya berpikir, "ini yang pahlawan super mana yang sampah masyarakat mana?"
Rapat RT

Di beberapa episode ada sesi memasak singkat yang dibawakan oleh General Vamp (bersama Kayoko di Season 2) yang menurut saya sangat berguna bagi orang2 yang sibuk, dan tidak sempat membuat masakan yang sehat dan bervariasi

General Vamp in action
Soal musik,  Kedua Opening yang dibawakan oleh Manzo, akan membawa kita ke era Tokusatsu klasik, dimana lagu-lagu yang cepat dan penuh semangat memuja-muja sang pahlawan super. Saya sangat menyukai kedua opening ini.

Penuh aksi yang memikat???
Sebagai kisah pahlawan super tentu kita mengharapkan adanya aksi pertarungan yang keren. Sayangnya hal itu hanya terjadi di Opening. Di dalam anime ini pertarungan berlangsung sangat sangat singkat.

Begitu pula jika anda mengharapkan efek-efek yang dashyat. Semua itu hanya terjadi di Opening. Grafis serial Sunred bisa dikatakan mirip dengan anime Shinchan.
Kelemahan terbesar Serial Sunred adalah komedinya yang terkadang sukar diterima bagi orang non Jepang. Bukankah banyak juga serial anime yang sukar dipahami karena faktor budaya  ini?

Worthed to Watch?
Opening yang dashyat, dengan soundtrack penuh semangat sangat bertentangan dengan isi cerita serial ini. Seolah-olah anime ini melawan pakem sebagai mana lazimnya kisah pahlawan super, dimana diluar aksi heroik, sang pahlawan, dan monster organisasi kejahatan tetap makhluk fana yang memiliki kelebihan , dan kekurangan. Amat disayangkan kurang adanya aksi-aksi yang spektakuler, dan beberapa komedi yang kurang diterima oleh orang non Jepang membuat serial ini 80% Worthed to watch

1 komentar: