24 April 2015

Warrior Orochi (2007): Kolaborasi sejarah perang 2 negeri



Warrior Orochi adalah game beat them up yang merupakan kolaborasi game Dynasty Warrior, dan Samurai Warrior yang dikembangkan oleh Koei dan Omega Force. Patut diketahui bahwa Dynasty Warrior bersetting jaman 3 kerajaan (Sam Kok) di Daratan Cina, sedangkan Samurai warrior bersetting jaman Sengoku di Jepang. Dengan perbedaan waktu sekitar 1000 tahun, Bagaimanakah Koei dan Omega Force meramu game ini?

Plot yang bervariatif
Orochi, sang Raja Ular mengacaukan waktu dan ruang, serta membuat sebuah dunia baru. Di dunia baru yang dia buat, Orochi menjebak ksatria-ksatria hebat dari jaman 3 kerajaan di Cina dan para Samurai dari jaman Sengoku di Jepang. Tujuan Orochi adalah membuktikan bahwa dia terhebat diantara para ksatria 3 kerajaan, dan Samurai.

Dalam Story mode game ini, player dapat memainkan 4 Story yang disiapkan yaitu:
  • Samurai: Upaya Nobunaga membuktikan bahwa dia pemimpin yang lebih baik dari siapa pun termasuk Orochi
  • Wu: Upaya Sun Ce melepaskan keluarganya dari jeratan pasukan Orochi.
  • Wei: Menceritakan Cao Pi yang berkerja sama dengan Orochi untuk memenuhi ambisinya sendiri
  • Shu: Upaya Pencarian Liu bei oleh Zhou yun
Setiap Story terdiri dari 2 bagian yaitu cerita utama, dan cerita ekstra. Sangat disarankan untuk menyelesaikan kedua bagian scenario ini karena walaupun tidak mempengaruhi dari segi story tetapi cerita ekstra relatif lebih menantang, dan tentu saja untuk mendapatkan Character baru atau senjata yang lebih hebat.

Anda dapat pula memainkan kembali chapter yang sudah terbuka dengan memainkan Free mode 

Ability+Level Up+combo+ Upgraded Weapon= Musuh bergelimpangan
saat memulai permainan, anda diwajibkan memilih dan memainkan 3 karakter dari Dynasty Warrior dan Samurai Warrior (yang dipercantik dan dipergantengkan) yang memiliki 3 tipe yaitu Strength, Technical, dan Speed.

Setiap karakter memiliki 3 jenis serangan yaitu: Normal attack, Charge attack, dan musou attack. Kombinasi normal attack dan charge attack (hanya 2 buah tombol) akan mengeluarkan gerakan baru yang memiliki berbagai efek seperti stun attack, atau damage area attack yang membuat lawan sekitar anda bakal jatuh bergelimpangan beberapa meter dari anda. Musou attack bisa dibilang serangan anda yang terkuat akan tetapi membutuhkan Musou gauge untuk mengeksekusinya.

Dalam permainan, karakter yang anda pilih akan dikeroyok oleh para prajurit lawan atau pun Officer (panglima) yang lebih kuat.  Semakin banyak lawan yang anda kalahkan, anda semakin cepat mendapat exp yang akan menaikan Level karakter. Konsekuensi dari level up selain menaikan stats karakter, juga meningkatkan peluang proficiency yang akan menambah "koleksi" combo anda.
Dikeroyok adalah hal yang biasa

Oh ya anda dapat dengan cepat mengganti karakter sesegera mungkin untuk menjaga setiap karakter mendapat "jatah" level up yang adil, atau sekedar menyelamatkannya dari sakratul  maut.
Saat mengalahkan officer atau musuh penting, anda juga berkesempatan mendapatkan item yang menambah exp yang anda peroleh atau memperkuat anda selama beberapa waktu

Selain itu jika anda memenuhi syarat tertentu yang diberikan dalam setiap permainan, memungkinkan anda mendapat Abilities yang bisa di set. Berbeda dengan level up yang berefek pada individu, Abilities ini akan memperkuat tim karakter anda.

Setelah menyelesaikan misi, anda memungkinkan mendapat beberapa reward yaitu New weapon, Growth Point, dan New Playable Character. Growth point memiliki banyak manfaat antara lain "membantu" semakin memperkuat senjata yang anda pakai, dan mempermudah Level up.

Untuk memperkuat senjata, anda tidak hanya mengganti senjata menjadi yang lebih kuat tetapi juga dengan meng fusion nya dengan senjata2 lain yang anda miliki. Dengan mem fusion senjata, selain memperkuat daya rusak senjata, juga memungkinkan anda menambahkan elemen2 yang makin membuat anda perkasa di setiap pertempuran. Untuk melakukan Fusion anda memerlukan sebagai Growth point sebagai "bayaran".


Jika anda ingin menghemat waktu dalam meningkatkan level karakter, anda bisa menggunakan Growth Point untuk menaikan level karakter secara instant.
Dengan cukup banyak cara memperkuat karakter, dan menambah daya rusaknya, bisa dibayangkan berapa ratus jumlah AI yang akan jatuh bergelimpangan dihadapan karakter anda, atau sekedar "menyetor" nyawa.
karakter yang Manis tapi lihat korban yang jatuh ditangannya

Mudah dikuasai= Membosankan?
Well, Tidaklah sulit memainkan Warrior Orochi, setengah jam anda memainkan game ini dan ada kemungkinan besar anda sudah menguasai dasar bermain game ini. Apalagi jika anda pernah memainkan Dynasty warrior maupun Samurai Warrior, anda akan semakin cepat menguasai game ini. Tentu saja akan menimbulkan kebosanan bagi beberapa orang yang mencari tantangan, tetapi ada beberapa hal yang membuat game ini tidak membosankan bahkan replayable walaupun anda sudah menamatkan 4 scenario yang diberikan, yaitu:
  • Unlock New Character: Anda tidak akan membuka semua Playable Character dengan menyelesaikan semua chapter, tetapi juga dengan memenuhi beberapa syarat yang beberapa cukup susah dieksekusi dan membuat anda terus mencobanya. Semakin badass character yang ingin dibuka maka syarat yang diberikan semakin sulit.
  • The 4th weapon dan the Last Extra Chapter: Untuk mendapatkan senjata ke-4 setiap karakter dan misi tersulit dalam setiap scenario, anda harus menaikan level permainan anda menjadi hard, atau bahkan chaos yang membuat anda akan semakin sering kembali ke main menu.
  • Mengikuti strategi dalam misi agar anda tidak melewatkan momen dramatis yang mungkin terjadi, atau sekedar mempermudah anda agar tidak mati konyol di keroyok ratusan prajurit dan panglima lawan
  • Jujur saja, melihat musuh jatuh bergelimpangan hingga berpuluh meter sungguh menyenangkan, dan memuaskan terutama saat sedang stress  
Yang amat disayangkan dari Warrior Orochi ini adalah kurangnya keterangan sejarah asli setiap karakter, serta setiap karakter hanya bisa memakai 1 jenis senjata, itu saja hanya memiliki 4 variasi. Dan jujur saja, anda akan bingung dengan setting lokasi yang di mix setiap level sehingga susah membedakan anda ini sedang di China atau Jepang
Jika anda pecinta Sejarah Jepang, pasti tidak asing dengan 3 Om-om ini


Worthed to Play
Dengan pilihan karakter yang melimpah, Combo yang mudah, scenario yang bervariasi dan banyaknya cara memperkuat karakter serta gameplay yang replayable meskipun mungkin mudah menimbulkan kebosanan, minim keterangan sejarah, dan juga setting level yang ga jelas membuat game ini 85% Worthed to play


Tidak ada komentar:

Posting Komentar