31 Mei 2015

To The Moon: Nilai sebuah Kenangan

RPG adalah salah satu genre game yang menurut saya tidak hanya membutuhkan gameplay yang mumpuni, tetapi juga pembawaan cerita yang menggugah rasa ingin tahu player untuk mengungkap misteri yang disajikan dalam game tersebut. Salah satu game RPG yang saya mainkan adalah
To The Moon

Penjelajahan Kenangan seorang pensiunan
Dr Eva Rosaline dan Dr Watts dari Perusahaan Sigmund mendapat panggilan untuk mengunjungi seorang pasien tua yang sedang  sekarat, bernama John. Dengan sebuah alat penjelajah pikiran, Eva, dan Watts diminta untuk mencari dan mengabulkan keinginan terakhir dari John dalam waktu secepat mungkin. Ternyata Keinginan terakhir John adalah pergi ke Bulan. Untuk mengabulkan permintaan yang terdengar mustahil, Eva dan Watts harus menjelajahi kenangan-kenangan masa lalu dari John yang perlahan-lahan membuka tabir dibalik keinginan dari John, dan misteri dibalik keanehan di sekitar John.


Setahun lalu, saya mendapatkan game ini sebagai bonus pembelian RPG maker VX ace versi steam lewat Humble Bundle, dan selama itu saya membiarkan game nangkring di list Steam tanpa ada keinginan untuk menginstall.
Entah ada angin apa... 15 mei 2015 jam 11 malam, saya mencoba menginstall dan memainkan game ini.

Secara kasat mata, saya tahu kalau To The Moon adalah sebuah 2D game yang dibuat dengan engine RPG maker. Mengingatkan saya pada game jaman SNES seperti Chrono Trigger. Bedanya nyaris tidak ada pertarungan dalam game ini. Kecuali sebuah pertarungan yang bakal membuat anda sedikit dongkol sekaligus tertawa ngakak. 

Kekuatan utama dalam game ini terletak pada eksekusi cerita yang sangat baik. Cerita flashback kehidupan John lewat kenangan selama hidup dikupas secara perlahan-lahan tetapi secara tidak sadar berhasil membuat saya penasaran akan rahasia keseluruhan dari impian John yang aneh tersebut. 

Kekuatan lain dari game ini adalah alunan music merdu sepanjang game yang menemani petualangan Rosaline dan Watts, walaupun diulang-ulang tetapi tidak akan membosankan.

Soal grafis,  design character dan tileset masih seperti design dasar RPG maker XP, dan beberapa background yang indah yang jujur bukan masalah besar buat saya meskipun kata 3D game mania bikin sakit mata

Bagaimana dengan gameplay nya sendiri?
Gameplay utama game ini meminta anda untuk mengumpulkan serpihan-serpihan memori yang bisa berupa benda atau peristiwa dalam ingatan John. Setelah setiap serpihan terkumpul, anda diminta untuk mencari sebuah benda yang menjadi memento. Setelah itu anda disuguhkan sebuah puzzle yang meminta anda untuk mengungkap benda yang menjadi memento tersebut. Jika berhasil, anda akan menuju kenangan berikutnya. Selain gameplay tersebut, ada gameplay seperti merangkai semua kenangan John, bahkan Shooter seperti Contra.

Menurut saya, gameplay yang disajikan kurang menantang, saya jujur berekspetasi bakal ada banyak kemungkinan Ending yang bisa terjadi. Well mungkin gameplay dalam RPG ini hanya sebagai pemanis untuk setidaknya membuat pemain merasa bermain game.

Kesimpulan:
To The Moon benar-benar memuaskan kebutuhan saya akan game RPG dengan cerita yang menyentuh, indah dan meninggalkan kesan. Dipadu dengan alunan musik yang merdu sepanjang permainan membuat saya tidak berhenti bermain selama 4,5 jam hanya demi menikmati cerita yang disajikan. Semua itu seolah-olah menutupi gameplay yang sebenarnya kurang menantang. Game ini saya beri 95% Worthed to play

Tidak ada komentar:

Posting Komentar